You are currently viewing Perbedaan Sablon Rubber & Plastisol
pabrik kaos jogja

Perbedaan Sablon Rubber & Plastisol

Perbedaan Sablon Rubber & Plastisol

Dalam dunia konveksi, ada beberapa teknik sablon berdasarkan jenis tinta sablon yang digunakan. Dua jenis sablon yang paling umum digunakan adalah sablon karet dan sablon plastisol. Perbedaan sablon karet dan sablon plastisol dapat dilihat dari jenis atau bahan utama tinta.

Perbedaan Sablon Rubber & Plastisol

Kemudian, berikut Perbedaan Rubber & Plastisol :

1. Bahan dasar tinta

Perbedaan pertama antara sablon Rubber dan Plastisol adalah bahan dasar yang terdapat pada kedua jenis tinta sablon ini. Tinta sablon karet ini berbahan dasar air (water based) yang dapat dilebur atau dapat dilakukan dengan bantuan air. Sedangkan tinta plastisol ini berbahan dasar minyak.

Tinta sablon plastisol berbahan dasar minyak ini umumnya digunakan untuk desain yang memiliki detail kecil. Hal ini dikarenakan hasil akhir produksi dengan tinta sablon plastisol dapat menghasilkan cetakan yang rapat. Sebaliknya, tinta karet lebih sering digunakan untuk desain yang diterapkan pada kain yang lebih gelap karena hasilnya dapat menonjolkan warna desain dengan lebih baik.

2. Keuntungan yang berbeda

Masing-masing jenis tinta sablon ini jelas memiliki kelebihan. Perbedaan sablon karet dan plastisol akan terlihat lebih jelas dari keunggulan keduanya. Keunggulan sablon plastisol adalah dapat menghasilkan warna yang lebih cerah lengkap dengan efek glossy. Sementara sablon karet tidak memiliki hasil akhir seperti itu, warnanya tidak begitu cerah, dan tidak memiliki efek glossy atau glossy.

Keunggulan sablon karet sendiri adalah biaya produksi yang murah. Ini karena tinta karet jauh lebih murah daripada tinta plastisol. Namun sebanding dengan harganya, kualitas akhir dan keawetan desain plastisol juga lebih awet dibandingkan sablon karet.

Perbedaan sablon karet dengan plastisol lainnya adalah keunggulan yang hanya dimiliki sablon karet yaitu hasil sablon karet yang sangat mudah perawatannya. Berbeda dengan kaos plastisol yang tidak tahan panas, sehingga Anda harus berhati-hati saat menyetrikanya.

3. Tekstur yang dihasilkan

Dilihat dari tekstur dan kualitas hasil sablon, perbedaan sablon karet dan plastisol juga terlihat jelas. Sablon plastisol dinilai lebih unggul dari karet karena tinta plastisol dapat mencetak raster dalam ukuran yang sangat kecil. Selain itu, tekstur yang dihasilkan terasa timbul saat disentuh (embossed). Berbeda dengan sablon karet yang memiliki tekstur elastis dengan tingkat kerapatan yang tinggi. Saat disentuh, hasil sablon karet terasa lebih halus dan seolah menyatu dengan kain.

4. Proses sablon

Perbedaan sablon karet dan sablon plastisol juga bisa dilihat dari proses sablon itu sendiri. Untuk sablon karet, proses pembuatannya bisa dikatakan jauh lebih sederhana dan ringkas jika dibandingkan dengan proses pembuatan sablon plastisol karena tidak membutuhkan banyak peralatan dalam proses produksinya. Untuk sablon dengan desain minimalis dan standar, sablon jenis karet ini sangat direkomendasikan.

Sedangkan proses pembuatan sablon plastisol terbilang rumit. Hal ini dikarenakan lebih banyak alat yang dibutuhkan dalam proses produksi. Terutama alat untuk membantu proses pengeringan karena tinta plastisol itu bisa membutuhkan waktu lama agar benar-benar kering dan menyerap ke dalam kain dengan sempurna.

5. Limbah sablon karet dan plastisol

Terakhir, Anda bisa melihat perbedaan sablon karet dan plastisol dari limbah proses produksinya. Ketika produksi menggunakan tinta karet, sering ditemukan kerak kering di layar setelah produksi selesai. Hal ini dikarenakan sifat tinta karet yang sangat cepat kering. Akibatnya, semakin banyak produksi, semakin banyak limbah sablon yang dihasilkan.

Sebaliknya, ketika berproduksi dengan menggunakan tinta sablon plastisol, limbah yang dihasilkan jauh lebih sedikit. Karena sulit dikeringkan, sisa-sisa tinta masih bisa dikumpulkan, dikembalikan ke kaleng tinta, lalu disimpan untuk digunakan nanti.

Masing-masing jenis sablon yang berbeda menyoroti kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilih jenis sablon yang paling sesuai dengan kebutuhan produksi Anda. Selanjutnya anda bisa menghubungi admin untuk membantu anda menghasilkan desain sablon anda. Pemesanan dapat dilakukan secara online.

Kami sudah terbiasa menangani order dari dalam maupaun luar kota Yogyakarta. Kami juga telah bekerjasama dengan beberapa expedisi cargo Port to Port atau Door to Doors guna memudahkan proses pengiriman barang. Beberapa daerah pemasaran kami berada di Aceh, Medan, Palembang, Padang, Lampung, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Palu, NTT, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Papua dll, jadi jangan kuwatirkan kepercayaan anda untuk order atau pesan kepada kami.

Bagi kalian yang sedang mencari Konveksi Kaos Jogja maka kamilah solusinya. Tidak percaya, BUKTIKAN !!!

Best regrads,

INDOKONVEKSI – made with quality (Jasa Konveksi Murah Jogja – Konveksi Buat Produksi Kaos | Polo | Jaket | Korsa PDH/PDL dll ) 

KLIK DIBAWAH

konveksi korsa jogja

konveksi korsa jogja

WA/SMS/TELP :

CS Admin 1 INDOKONVEKSI 085 881 211 266

CS Admin 2 INDOKONVEKSI 085 878 027 697

Email : marketing.indokonveksi@gmail.com

Main office/ kantor order : Jl. Jatipratama Rt/w 17/41, No. 245. Sinduadi, Mlati, Sleman – Yogyakarta.

Pabrik 1. Jl. Sengon No.1a, Karang Bendo, Banguntapan, Bantul – Yogyakarta 55198

Pabrik 2. Klodran, Sumberagung, Kec. Grabag, Kabupaten Purworejo – Jawa Tengah 54265