Uncategorized

Mengenal 4 Jenis Mesin Jahit Kaos

Mendirikan usaha konveksi kaos memang akan membutuhkan berbagai peralatan untuk menjalankan usaha, salah satunya adalah mesin jahit yang digunakan untuk membuat kaos. Peralatan ini bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok yang harus dimiliki agar dalam proses produksi bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. kamu juga bisa buat kaos jogja disini.

Hingga saat ini produk mesin jahit telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, semakin banyak merek yang muncul, semakin beragam bentuk dan fungsinya, dan cara pengoperasiannya-pun kebanyakan sudah menggunakan sistem elektrik sehingga bisa bekerja lebih cepat dan menghemat tenaga, bahkan saat inipun sudah banyak bermunculan mesin jahit yang sistem pengoperasiannya menggunakan komputer.

Untuk mendirikan usaha konveksi kaos setidaknya Anda akan membutuhkan 4 jenis mesin jahit yang akan digunakan untuk produksi. Dari beberapa jenis mesin tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan cara pengoperasian yang berbeda pula. Keempat mesin tersebut diantaranya adalah mesin jahit high speed, mesin obras 4 benang, mesin jahit overdeck dan mesin jahit jarum 2 rantai.

1. Mesin jahit high speed

foto Mesin jahit high speed
Mesin jahit high speed/konveksian.com
Mesin jahit high speed merupakan salah satu alat jahit yang memiliki kecepatan tinggi dan mampu menghasilkan jahitan yang cukup baik karena ritme benang hasil rajutan pada kain lebih stabil, lebih kuat dan rapi. Dalam mesin ini dilengkapi dengan motor listerik berkecepatan tinggi dan pengoperasiannya-pun juga cukup mudah.

Mesin ini selain dapat digunakan untuk menjahit kaos juga banyak digunakan untuk menjahit berbagai bahan tekstil lainnya, seperti bahan-bahan jeans, kapas maupun serat kain sintetis, oleh karena itu mesin jahit high speed juga banyak dipakai untuk berbagai pabrik konveksi dan garment.

Ada banyak merek yang beredar di pasaran untuk produk ini, adapun merek yang paling populer adalah merek Juki dan Typical. Dari kedua merek inipun ada beberapa seri yang bisa dipilih dengan pilihan harga yang juga berbeda.

2. Mesin Obras Benang 4

foto Mesin Obras Benang 4
Mesin Obras Benang 4/jahitku.com
Mesin obrass juga sering disebut sebagai overlock sewing, berfungsi untuk  mengunci dan merapikan dari setiap potongan dan lipatan kain, seperti pada lipatan lengan dan lipatan kaos bagian bawah. Mesin ini telah dilengkapi pisau pemotong untuk memotong tepian yang kemungkinan tidak terbungkus oleh jahitan obras sehingga hasilnya bisa rapi dan tidak terdapat sisa-sisa benang.

Ada beberapa macam mesin obras yang sering digunakan dalam produksi garmen. Berdasar penggunaan mesin ini dapat dibedakan menjadi tiga yakni mesin obras benang 3 untuk mengobras kemeja setelah di jahit, mesin obras benang 4 di gunakan untuk kaos, dan  mesin obras benang 5 digunakan untuk pembuatan celana dan kemeja. Khusus untuk benang 4 memang banyak digunakan untuk produksi kaos, bahkan banyak kaos diproduksi yang tidak menggunakan mesin jahit high speed karena dirasa cukup dengan hanya menggunakan obras benang 4.

Mesin obras benang 4 sebenarnya menghasilkan jahitan yang hampir sama dengan jahitan mesin obras biasa, namun pada mesin obras ini selain dapat berfungsi untuk merapikan jahitan, juga bisa digunakan untuk menjahit. Beberapa produk mesin obras ini misalnya Mesin obras merek Typical GN 794 4 benang, Mesin obras merek Juki 6514 4 benang, dan Mesin obras merek Singer 14sh754 4 benang.

3. Mesin Jahit Overdeck

foto Mesin Jahit OverdeckMesin Jahit Overdeck/jahitku.com
Mesin overdeck atau yang sering disebut sebagai mesin kamput berguna untuk menjahit krah kaos bagian dalam, klim pada tepian atau ujung kaos, ujung tangan dan bagian bawah kaos. Selain itu mesin overdeck juga digunakan untuk membuat list pada training dan kaos olah raga. Salah satu Mesin jahit Overdeck yang populer dignakan adalah  merek Typical GC 31500.

4. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

gambar Mesin Jahit Jarum Dua RantaiMesin Jahit Jarum Dua Rantai/jahitku.com
Mesin jahit rantai merupakan mesin yang digunakan dalam produksi kaos untuk menghasilkan jahitan rantai dua baris. Pada produk kaos, hasil jahitan dua baris ini banyak kita temukan pada bagian bahu atas kaos dan bagian yang menghubungkan krah dengan lengan kaos. Keuntungan menggunakan mesin jahit rantai ini selain kuat juga rapi. Hal inilah yang menjadikan mesin jahit rantai lebih unggul dalam produksi kaos distro. Merek yang paling populer dari mesin ini adalah Mitsubishi.

Untuk meningkkatkan produktivitas dalam membuat kaos, selain mesin-mesin yang telah disebutkan di atas juga dibutuhkan peralatan pendukung lainnya yakni mesin pemotong kain dan juga mesin lubang kancing pada polo shirt.

Memiliki mesin jahit yang lengkap memang akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, meski demikian untuk dapat memilikinya tentu tidak harus membeli mesin produksi yang baru. Ada banyak toko mesin jahit yang saat ini menjual dalam kondisi bekas. Bagi Anda yang tertarik membeli dalam kondisi bekas, memang akan diperlukan sedikit rekondisi agar kinerja mesinnya bisa maksimal.

Sumber Link