Uncategorized

Mengenal Sablon Rubber kaos sablon jogja

sablon rubber

Sablon kaos sudah umum dikenal di masyarakat tetapi apakah anda mengetahui jenis yang digunakan? berikut ini akan kami sedikit jelaskan mengenai Sablon Kaos Rubber yang banyak di gunakan di Industri Kaos Jogja.

Sablon rubber merupakan jenis sablon manual yang paling sering dipakai di jogja dan industri kaos sablon pada umumnya. Sesuai namanya, rubber, sablon kaos berbahan dasar karet ini mempunyai tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. sablon rubber dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Sablon kaos rubber banyak menjadi favorit karena cocok digunakan untuk menyablon kain kaos dengan warna apapun.

Selain digunakan untuk sablon utama, biasanya sablon rubber dimanfaatkan sebagai underbase. Underbase adalah istilah tinta dasar sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna lainnya. Underbase biasanya berlaku pada kaos hitam dan kaos berwarna gelap lainnya.

Selain fleksibel dan elastis, keunggulan lain dari cat sablon ini ialah cenderung awet dan bisa disetrika. Apalagi jika ditambah dengan coating atau lapisan tambahan, maka cat rubber yang sudah disablon dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lebih lama.

Tinta sablon rubber yang pasti pernah digunakan oleh hampir semua tukang sablon yang ada ini ternyata berbasis air. Istilah kerennya lebih sering disebut dengan water based. Artinya tinta sablon rubber ini bersifat menyatu dengan air dan mampu diolah dengan campuran air.

Air berfungsi sebagai pembersih dari sisa tinta sablon rubber yang menempel pada screen. Berbeda dengan tinta plastisol yang berbasis minyak, yang berarti tinta tersebut membutuhkan zat minyak sebagai pembersih.

Selain digunakan untuk pembersih, air dalam kadar yang sedikit juga bisa digunakan untuk mengurangi tingkat warna pada tinta rubber.

tinta sablon rubber matsui

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa sifat dari sablon jenis ini adalah elastis, tak heran jika sablon ini paling tepat di gunakan pada kain yang bersifat elastis pula, karena jika dalam jangka waku tertentu kain mulai melar, sablon ini akan tetap mengikuti bentuk kain tersebut.

Terkadang kita sering mendengar orang berkata “kalo nyetrika baju jangan di daerah sablon nya, nanti cepet rusak”. Tenang saja, Sablon rubber ini juga terkenal dengan perawatan nya yang mudah dan praktis. Tinta rubber tidak akan menjadi masalah sekalipun di setrika di area sablon nya. Tetapi kalo di tempelin setrika 5  menit ya tetep gosong, haha. Kalau masih takut juga, minta tolong Mama saja, pasti tau gimana cara merawatnya seperti gambar ini. hehehe..